Tuesday, July 31, 2012

Bisakah kita merasakan putaran bumi?

Apakah kita pernah dapat merasakan putaran bumi? Dapatkah hewan lain atau makhluk merasa berputar atau bereaksi untuk itu? Mengapa kita tidak  pusing?
 
Pada khatulistiwa, Bumi berputar pada 1000 mil per jam  di sekitar porosnya dan bergerak pada 67.000 mil per jam mengelilingi matahari. Dengan semua gerakan ini, Anda mengharapkan untuk merasakan sesuatu, kan? Nah kita tidak merasakan apa-apa karena semua gerakan hampir sepenuhnya konstan.


Bila Anda naik pesawat yang gerakannya benar-benar halus atau naik kereta api, Anda tidak merasakan gerakan kecuali pesawat / kereta memperlambat, mempercepat, atau menyentuh gundukan di jalan. Jadi selama ada gerakan konstan, kita tidak merasakannya.
 
Ada juga cara lain di mana kita secara tidak langsung bisa merasakan putaran bumi. Di atas kita mengatakan bahwa bumi berputar adalah contoh dari gerak hampir konstan. Alasan kami mengatakan "hampir" adalah bahwa putaran bumi membawa kami berkeliling dalam lingkaran, tidak dalam garis lurus. Ini adalah lingkaran yang sangat besar, dan dibutuhkan waktu lama untuk pergi berkeliling, tetapi secara kualitatif itu adalah hal sama yang terjadi pada perjalanan taman hiburan berputar, di mana ia merasa seperti Anda sedang merasakan tekanan ke luar dalam perjalanan berputar. Bumi berputar yang melemparkan kita jauh dari permukaannya sedikit, sehingga
berat kita sedikit berkurang dari yang kita seharusnya,Namun, ini adalah efek yang sangat kecil.

 Pada khatulistiwa, berat badan Anda berkurang (dibandingkan dengan Bumi non-berputar) sekitar 0,3%; efek melemah ketika Anda pergi ke utara atau selatan, dan setelah Anda mencapai utara atau kutub selatan menghilang sepenuhnya karena Bumi tidak berputar. Jadi jika Anda bisa merasakan perbedaan dalam berat badan sebesar 0,3% (sekitar setengah kilo untuk orang pon 150), dan jika Anda melakukan perjalanan dari ekuator ke utara atau kutub selatan, maka secara teknis, Anda bisa merasakan efek dari Bumi berputar. Di sisi lain, berat orang secara alami berfluktuasi lebih dari 0,3%, sehingga tidak mungkin bahwa Anda akan bisa mengurai ini dari efek lainnya (seperti apakah Anda baru saja makan siang)



Artikel Lain Yang Mungkin Anda Cari:



No comments:

Post a Comment